Covid 19

Vaksin Covid-19 Siap Eksekusi Kemenpora

Bukan hanya tenaga medis dan pelayan sosial yang akan diberikan vaksin covid-19. Di dalam kementrian olahraga terutama untuk atlet atlet pun sudah direncanakan akan diberikan vaksin tersebut. Berdasarkan Kemenpora, proses pemberian vaksin akan diselenggarakan dengan cara bertahap. Adapun beberapa tangal dan waktunya akan dimulai pada pekan terakhi di bulan Februari. Hal itu diputuskan pada saat rapat koordinasi setelah mendapatkan tawaran vaksin dari Kementrian Kesehatan.

Tiga Cabang Olahraga Vaksin Lebih Dulu

Ada banyak sekali cabang olahraga yang akan mendapatkan vaksin. Namun berdasarkan rapar koordinasi Kemenpora, hanya ada tiga cabang olahraga terlebih dahulu yang diberikan vaksin covid-19. Adapun cabang olahraga tersebut adalah sepak bola, badminton dan bola basken. Ketiga cabang olahraga itu akan menjadi penerima vaksin perdana di kementrian pemuda dan olahraga. Hal ini disampaikan langsung oleh Gatot S Dewa Broto sebagai Sekretaris Kementrian Pemuda dan Olahraga.

Lokasi pemberian vaksin belum ditentukan akan dilaksanakan di mana, hal itu hanya masalah teknis yang akan diinformasikan kemudian. Gatot pun mengatakan bahwa pedoman terkait persyaratan bagi penerima vaksi ada dan disesuaikan dengan ketentuan dari Kemenkes. Adapun data data mengenai siapa yang berhak menerima vaksin akan disesuaikan dan disinkronisasikan terlebih dahulu oleh kemenpora dan kemenkes. Diketahui bahwa ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan vaksin tersebut.

Saat ini Kemenpora hanya memiliki data 20 cabang olahraga saja yang akan menerima vaksin dan ini merupakan data awalan yang harus dilengkapi seperti siapa yang memiliki keadaan yang tidak memungkinkan divaksin, memiliki penyakit khusus, sebagai penyintas covid-19, atau ibu hamil dan menyusui. Masih banyak persiapan yang harus dilakukan oleh kemenpora untuk bisa memastikan proses vaksinasi daftar slot via gopay ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan dari pihak kementrian kesehatan yang sudah ditentukan.

Banyak Turnamen di Maret Mendatang

Alasan mengapa pemilihan cabang olahraga sepak bola, badminton dan basket menjadi cabang prioritas adalah karena terdapat banyak sekali turnamen di bulan Maret mendatang dan menjadi salah satu penentu jika pemainnya tidak bisa diikutkan hanya karena positif corona. Berharap ada banyak kemudahan untuk para atlet mengikuti seluruh turnamen demi mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata dunia. Liga 1 Indonesia pun direncanakan akan dimulai pada bulan Maret yang akan datang sehingga perlu dipersiapkan dengan matang.

Adapun kualifikasi FIBA Asia diperkirakan akan dilakukan pada bulan Maret, mengingat jadwal awal di Bulan Februari ditunda karena  Doha, Qatar belum siap. Jika cabang olahraga Basket sudah divaksin maka akan lebih mempermudah serta memberikan kenyamanan kepada pihak pemain dan seluruh tim jika sewaktu waktu harus berangkan ke Doha mengikuti kualifikasi. Basket masih menjadi prioritas untuk mendapatkan vaksin pertama bersama sama dengan dua cabang olahraga lainnya yang penuh dengan jadwal turnamen selama bulan Maret yang akan datang.

Satu lagi, cabang Badminton pun dijadikan cabang olahraga yang mendapatkan vaksin covid-19 perdana karena akan mengikuti BWF tour Swiss Open, Jerman Open, dan All England di bulan yang sama. Indonesia akan lebih banyak mengirimkan wakilnya di cabang olahraga ini pada saat gelaran All England pada tanggal 17 hingga 21 maret yang akan datang. Semoga saja proses vaksin sudah selesai pada waktu sebelum semua tim berangkat menuju turnamen. Dengan begitu ada perasaan nyaman dan aman selama berada di negeri orang memperjuangkan Indonesia.